Bumbu Sate Kambing Solo, Ini Dia Resep Dan Tips Cara Membuatnya

Bumbu Sate Kambing Solo

Bumbu sate kambing solo adalah salah satu hal yang perlu Anda ketahui cara pembuatannya. Sate dari Solo ini hampir memiliki kesamaan dengan sate madura. Namun, sate kambing solo tidak memiliki sambal kacang. Solo terkenal dengan nasi liwet. Selain itu, belum lengkap rasanya jika Anda belum mencoba sate kambing solo.

bumbu sate kambing solo

Sate sebenarnya berasal dari pulau Jawa lho. Sate sendiri adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dengan lidi atau bamboo. Cara pengolahannya dengan membakar di atas bara api. Sate memiliki berbagai bumbu sambal yang berbeda. Sate lezat disajikan dengan sambal kacang, kecap manis, atau sambal asam.

Daging yang digunakan pun beragam, Anda bebas memiilih daging sapi, kambing, atau ayam. Bahkan, tersedia pula sate kelinci lho. Biasanya daging kambingA� memiliki rasa dan bau amis yang lebih pekat dari jenis lainnya. Oleh karena itu, menggunakan daging kambing perlu melalui dua proses dulu, yaitu penghilangan bau amis baru ke pengolahan daging sebagai makanan.

Selain cocok dipadankan dengan bumbu, sate biasanya dilengkapi juga dengan lontong. Selain lontong, juga bisa disantap dengan nasi. Namun, jika Anda ingin menikmati sate semata tanpa nasi atau lontong tentu akan semakin terasa kelezatan sate.

Para penjual sate zaman dulu biasanya berkeliling untuk mendapatkan pelanggan. Namun, saat ini sudah banyak rumah makan yang menyediakan sate. Dengan kata lain, pelanggan yang mencari penjual, bukan penjual lagi yang berkeliling untuk mencari pelanggan.

Tips memotong daging untuk sate

Memotong daging untuk sate ternyata tidak bisa dilakukan sembarang lho. Kambing memiliki daging yang berserat. Serat adalah posisi daging yang memiliki tekstur padat yang sendat dan sulit dikunyah. Untuk memanfaatkan daging ada baiknya Anda memotong sesuai dengan arah serat. Selengkapnya berikut tips yang bisa Anda pelajari:

  • Potonglah daging memanjang searah dengan serat.
  • Potong dadu berlawanan dengan arah serat.
  • Potongan dadu tersebut ditusukkan dengan arah serat horizontal agar tidak mudah lepas dari tusuk sate.

Memotong daging sesuai dengan arah serat ternyata tidak berlaku untuk sate saja. Olahan daging lainnya juga harus menyesuaikan arah serat. Apa yang terjadi jika memotong tidak sesuai serat? Anda akan kesulitan saat memotong dan mengunyah daging. Ini berlaku pada daging steak. Anda mungkin akan membutuhkan sedikit tenaga untuk memotongnya. Selain itu, saat mengunyah daging juga membutuhkan waktu yang lama.

Kembali dengan bumbu sate kambing solo. Jika sate madura disajikan dengan bumbu kacang, berbeda dengan soto solo. Bumbu sate kambing solo menggunakan sambal kecap. Namun, tidak sepenuhnya manis kok. Anda bisa menambahkan potongan cabai rawit sesuai keinginan.

Bahan utama sate

  • 1 kg daging kambing muda dan lemaknya
  • 30 tusukkan sate
  • 15sdm kecap manis
  • Mentega atau margarin
  • 6 lembar daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4sdt biji ketumbar, disangrai terlebih dahulu
  • 1sdm jintan, disangrai
  • 1,5 ruas jarik telunjuk jahe
  • Nanas matang
  • Gula pasir
  • Merica bubuk

A�

Bahan sambal sate

  • Kecap manis secukupnya
  • 10bh cabai rawit
  • 10 siung bawang merah yang diiris tipis
  • 2bh tomat, dipotong-potong dadu
  • 2bh jeruk purut

Langkah-langkah

  1. Panaskan mentega atau margarin hingga meleleh.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, dan jahe. Tambahkan nanas, gula pasir, dan merica bubuk secukupnya. Tumis hingga harus lalu pindahkan ke wadah yang berbeda.
  3. Tambahkan kecap manis dan air asam jawa dan aduk hingga rata.
  4. Lumuri daging dengan dengan bumbu tersebut, lalu diamkan sesaat hingga daging meresap dengan bumbu.
  5. Panaskan bara api untuk proses pembakaran sate.
  6. Masukkan potongan daging ke tusuk sate yang telah dilumuri bumbu tadi.
  7. Bakar sate hingga matang. Posisikan sate dengan cara dibolak-balik agar tidak gosong.
  8. Bolak-balikkan sate sambil mengoles bumbu-bumbu yang dihaluskan tadi.
  9. Untuk membuat sambal kecap, campurkan semua bahan sambal. Jangan lupa untuk memberikan tetesan jeruk purut.
  10. Baluri sambal kecap di atas permukaan sate.
  11. Sate siap disajikan!

Jika diperhatikan lebih seksama, mungkin Anda sedikit bingung untuk apa ya menggunakan nanas? Selain menambah rasa, nanas juga mampu untuk menghilangkan rasa dan bau amis pada daging.

Sate solo juga bisa Anda jadikan peluang bisnis lho. Mengingat sate solo belum terlalu meluas di berbagai daerah, termasuk Jakarta. Nah, sudah saatnya nih Anda mengenalkan makanan khas solo, sate kambing ini. Apalagi berbisnis kuliner ini dapat memenuhi kebutuhan pokok manusia sehari-hari, yaitu makan.

Mengonsumsi nasi putih saja akan terasa hambar tanpa tambahan lauk. Adanya sate solo, bisa Anda ambil kesempatan untuk berbisnis rumah makan dengan salah satu menu dari bumbu sate kambing solo. Mesekipun terkadang terasa amis, daging kambing juga memiliki manfaat. Apalagi jika diolah dengan bumbu sate kambing solo.

Daging kambing bisa mengatasi tekanan darah bagi penderita anemia. Sebaliknya untuk penderita darah tinggi tidak diperkenankan mengonsumsi daging kambing karena akan samgat membahayakan. Selain sate solo, daging ini juga bisa diolah menjadi bumbu sate kambing madura. Dengan demikian, untuk mengonsumsi kambing Anda bisa memilih sajian mana yang sesuai dengan selera Anda.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *