Cara Membuat Mie Ayam Mangkuk Pangsit, Mudah Banget

Cara Membuat Mie Ayam Mangkuk Pangsit

Cara membuat mie ayam adalah salah satu langkah untukmu berkreasi dengan olahan mie. Umumnya, mie yang sering Anda manfaatkan adalah mie instan yang dijual di berbagai supermarket bukan? Namun, karena enaknya makanan berkarbohidrat ini menjadikan banyak peluang pebisnis untuk menekuni usaha kuliner mie.

cara membuat mie ayam

Untuk mendirikan bisnis tersebut bahan utamanya bukan lain adalah mie. Mie mentah saat ini mudah kok Anda temukan di pasar atau supermarket terdekat. Jika ingin memulai bisnis, Anda bisa membeli mie dengan jumlah sedikit terlebih dahulu. Mengapa harus sedikit?

Memulai bisnis kuliner memerlukan tester. Tester tersebut bisa Anda bagikan ke tetangga atau orang-orang terdekat. Kemudian jangan lupa untuk meminta saran apa yang kurang dari sajian Anda. Jika nyatanya berdampak positif, Anda dapat menambah stock pembelian mie untuk penjualan.

Selain memanfaatkan mie mentah yang dijual di pasaran, Anda juga bisa membuat mie sendiri. Memproduksi mie sendiri dapat memberikan identitas produksi lho untuk Anda. Anda dapat membuat ciri khas dari mie itu sendiri yang tidak dimiliki oleh produsen lainnya. Cara membuat mie ayam sendiri membutuhkan mesin cetak mie.

Mesin cetak mie terbagi menjadi dua jenis, manual dan otomatis. Mesin cetak mie manual dioperasikannya dengan cara memutar tuas hingga menghasilkan bentuk cetakan mie. Sedangkan mesin otomatis, setelah adonan dimasukkan ke dalam, mesin akan secara otomatis memproses bentukkan mie.

Kedua jenis mesin tersebut tentunya dijual dengan harga yang berbeda. Mesin manual memiliki harga yang lebih murah daripada mesin otomatis. Karena mesin manual dioperasikannya masih menggunakan tenaga manusia. Mesin cetak mie manual cocok Anda gunakan untuk pemula bisnis.

Mie sendiri merupakan makanan instan yang memiliki banyak penggemar. Makanan berkarbohidrat ini memiliki bentuk menarik dan tekstur yang ringan, sehingga akan mengasyikan saat dikonsumsi. Bahkan, saking enaknya makanan ini banyak orang yang hampir mengonsumsinya setiap hari.

Padahal mengonsumsi terlalu sering tidak terlalu baik lho. Karea bentuk mie yang panjang dan sedikit padat menjadi PR untuk penghancuran di dalam usus. Usus harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk menghancurkan mie. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi mie boleh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan tidak baik untuk kesehatan usus.

Jika dilihat sebenarnya tampilan mie ayam atau jenis mie lainnya tidak terlalu jauh berbeda. Hanya memainkan padanan rasa, para penggemarnya sudah terpikat. Mungkin mie instan akan selalu up to date dari varian rasa dan tampilan kemasan. Hal tersebut akan membuat pensaran para pelanggan.

Kemasan yang bagus dapat mendeskripsikan rasa dan tampilan produk. Karena kemasan adalah kesan pertama yang akan dinilai pembeli. Lalu bagimana dengan mie ayam? Cara pembuatan mie ayam pada umumnya sama, yaitu satu mangkuk mie dengan sajian ayam, sayur hijau, dan sedikit kuah. Bukanlah hal tersebut dapat membosankan?

Saat ini segala macamnya dapat Anda kreasikan kok. Anda dapat memberikan tampilan menarik dalam menyajikan mie ayam. Banyak makanan yang disajikan secara unik mampu menghipnotis konsumen, misalnya seperti bakso dengan ukuran jumbo atau daging bakso burger. Nah, untuk membuat tampilan mie ayam agar lebih menarik, Anda dapat memilih cara membuat mie ayam mangkuk pangsit.

Biasanya pangsit dimanfaatkan sebagai kerupuk makanan pelengkap atau direbus dengan kuahnya yang khas. Belum pernah coba kan mie ayam mangkuk pangsit. Nah, tampilan ini dapat Anda jadikan salah satu refrensi menarik di daftar menu. Selain, mangkuk pangsit Anda juga dapat menggantinya dengan mangkuk bakso. Tentunya harus menggunakan bakso ukuran jumbo agar dapat menampung mie.

Begitu juga dengan kulit pangsit, Anda harus membuat ukuran sedikit lebar. Meskipun mendapat julukan mie ayam mangkuk pangsit, penyajiannya harus di dalam mangkuk asli yah.  Karena jika hanya mengandalkan pangsit, saat mie disiram kuah akan menyebabkan kulit pangsit melembut dan akan melebur bercampur dengan mie.

Lalu bagaimana cara membuat mie ayam mangkuk pangsit? Berikut ini kami berikan resep mie ayam mangkok spesial. Check it out!

Bahan-bahan membuat mie

  • 100gr terigu
  • 280gr air
  • 100gr telur
  • 10gr garam

Cara membuat mie ayam

  1. Campu terigu, air, garam, dan telur lalu aduk dengan mixer hingga mencapai adonan yang pas
  2. Setelah itu, masukkan adonan ke mesin mie secara perlahan.
  3. Mie yang sudah dicetak siap untuk direbus

Bahan-bahan mangkuk pangsit

  • 800gr terigu
  • 200gr tepung beras
  • 20gr garam
  • 5grm MSG (tidak wajib)
  • 400gr air

Cara membuat mangkok pangsit

  1. Campurkan terigu, air, garam, MSG lalu aduk menggunakan mixer selama 5 menit
  2. Masukkan adonan ke dalam roll press sedikit demi sedikit. Buatlah ketebalan 1,75mm
  3. Bentuk lingkaran dengan menyerupai mangkok dan goreng pangsit hingga kering

Bahan kuah kaldu mie ayam beserta bumbu

  • 300gr Daging ayam
  • Tulang ayam secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • Kunyit seruas jari
  • 4 butir kemiri
  • 1 ruas jahe

Cara membuat kuah kaldu ayam beserta bumbunya

  1. Rebus air dari hasil rebusan daging ayam ditambah lada bubuk, garam, dan tulang ayam secukupnya
  2. Berikutnya bumbu, ayam yang telah direbus potong kecil-kecil
  3. Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, kemiri, dan jahe
  4. Tumis ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan di atas
  5. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya

  Cara penyajian

  1. Campurkan mie yang sudah direbus dengan 1 sdt minyak ayam dan secukupnya merica. Lalu aduk hingga tercampur rata
  2. Masukkan mi eke mangkuk pangsit yang sudah disediakan
  3. Tambahkan bumbu atau topping ayam dan daun bawang
  4. Sajikan kuah secara terpisah. Kuah dapat Anda tuangkan secara perlahan ke dalam mangkuk pangsit

Waah, sekilas cara membuat mie ayam mangkuk pangsit di atas sedikit rumit dan membutuhkan kesabaran. Namun, dengan rincian resep di atas akan mempermudah Anda dalam membangun usaha bukan? Terus berkreasi menciptakan mie ayam unik yaa!!

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *