Resep Cara Membuat Kue Bawang Gurih dan Renyah, Gampang Banget

Resep Cara Membuat Kue Bawang 

Resep cara membuat kue bawang – Kue bawang adalah salah satu makanan ringan yang biasanya sering disajikan saat lebaran. Kue-kue lebaran menghadirkan rasa manis seperti nastar dan putri salju. Nah, dengan adanya kue bawang ini menambah variasi rasa, sehingga Anda tidak bosan untuk mengonsumsi kue-kue saat lebaran.

resep cara membuat kue bawang

Kue bawang memiliki rasa khas gurih dan renyah. Camilan ini memiliki rasa bawang yang khas. Selain dijadikan camilan, kue bawang juga nikmat disantap sebagai pengganti kerupuk. Kue bawang juga sering dikombinasikan dengan kuah gulai lontong. Untuk Anda yang tidak terlalu menyukai manis, kue bawang cocok banget nih untuk konsumsi Anda.

Saat ini kue bawang memiliki berbagai bentuk tampilan dan rasa yang menarik. Kue bawang diberikan tambahan bahan yang dapat memodifikasi warnanya. Misalnya kue bawang ungu yang mengadaptasi dari warna ubi jalar atau kue bawang hijau dari sayuran. Kreasi tersebut pun mampu menghilangkan bosan para penggemarnya.

Kue bawang memiliki bentuk stik atau jajaran genjang. Hal tersebut membutuhkan alat dan ketelitian untuk membentuknya. Namun, Anda juga bisa kok membuat kue bawang dengan bentuk sederhana. Caranya dengan membuat adonan kalis terlebih dulu. Jika sudah kalis ambil sedikit adonan lalu perlahan gunting-gunting ujung adonan.

Bentuk dari hasil potongan tersebut memang tidak terlalu cantik. Namun, dengan ukuran yang kecil dan tebal akan semakin asyik saat dikonsumsi. Kue bawang dengan bentuk seperti ini terkadang bisa menyebabkan tekstur yang keras. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan saat menguleni. Usahakan uleni adonan hingga kalis atau lembut.

Resep kue bawang renyah

Bahan-bahan

  • 1kg tepung terigu
  • Satu butir ayam
  • 125gr margarin
  • 8 siung bawang putih
  • 1sdm ketumbar
  • 5 tangkai daun bawang yang diiris tipis
  • 10 buah bawang merah yang sudah digoreng
  • 500ml air
  • Garam
  • Penyedap rasa

Langkah-langkah

  1. Haluskan bawang putih dan ketumbar.
  2. Campurkan dengan dua gelas air, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk hingga merata dan bumbu melarut.
  3. Masukkan terigu ke wadah yang berbeda. Campur dengan telur, margarin, daun bawang, dan bawang goring. Aduk kembali hingga menyatu dan tidak ada yang menggumpal.
  4. Tambahkan air yang yang sudah dibumbui tadi secara perlahan.
  5. Kemudian uleni adonan kembali hingga kalis.
  6. Setelah kalis cetak sesuai selera atau gunting-gunting adonan dengan ukuran mini.
  7. Goreng adonan yang sudah dicetak. Jika sudah kecokelatan angkat dan tiriska. Lalu pindahkan ke wadah.

Nah, itu dia resep cara membuat kue bawang original di atas. Ternyata caranya tidak terlalu sulit lho. Jadi, saat Anda rindu kue bawang bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda tidak perlu lagi menunggu kue bawang hanya di momen lebaran. Kue bawang sendiri memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jadi, tidak hanya sekadar camilan, tetapi juga bisa menyehatkan tubuh. Apa saja sih kandungannya?

Kandungan Nutrisi Kue Bawang

Kandungan

Jumlah

Energi 488kkal
Protein 8,8gr
Lemak 21,6gr
Karbohidrat 64,6gr
Kalsium 22mg
Fosfor 85mg
Zat Besi 1,5mg
Vitamin A 5IU
Vitamin B1 0,07mg

Berbicara makanan ringan pasti lebih enak disantap dengan rasa gurih dan renyah. Karena rasa tersebut dijamin tidak akan membuat Anda bosan. Rasa gurih dan renyah mampu membuat Anda enjoy menikmati bersama keluarga dan kerabat terdekat. Sedangkan camilan yang memiliki rasa manis biasanya lebih mudah membuat kita kenyang dan terkadang mual.

Camilan yang memiliki rasa manis ini lah terkadang tidak ampuh untuk dinikmati seharian saat waktu santai. Selain itu, camilan yang memiliki tekstur alot juga tidak mendukung untuk dinikmati. Konsumen tidak bersemangat dan cepat bosan. Akhirnya camilan jadi tidak habis dan terbuang. Lalu bagaimana untuk membuat camilan renyah dan tidak membosankan? Tentu saja jawabannya ada di kue bawang.

Tips Membuat Kue Bawang Renyah

  1. Ganti air dengan santan

Air digunakaan saat mencampur bahan-bahan yang sudah disatukan, terutama bahan kering seperti tepung terigu. Nah, penggunaan air bisa dialihfungsikan dengan santan. Santan akan membuat keripik bawang menjadi lebih gurih dan renyah.

  1. Tambahkan margarin

Margarin yang akan digunakan terlebih dahulu harus dilelehkan. Kemudian masukkan ke adonan yang sudah tercampur. Penggunaan margarin leleh ini bertujuan untuk membuat adonan kue bawang menjadi mudah tercampur.

  1. Giling hingga tipis

Mengguling adonan kue bawang hingga tipis merupakan salah satu langkah utama dalam pembuatan tekstur yang renyah. Ukuran yang lebih tipis akan memudahkan saat proses penggorengan dan cepat membuat seluruh bagian kue bawang garing dan meresap. Membuat tipis adonan kue bawang dapat menggunakan giling pasta.

  1. Goreng dengan api kecil

Hindari penggunaan api besar saat proses penggorengan. Api besar akan menyebabkan kue bawang cepat mengering dan gosong. Akhirnya rasa gurih pada kue bawang pun hilang. Gunakanlah api kecil hingga sedang. Untuk menggoreng pastikan seluruh bagian kue bawang terendam oleh minyak. Oleh karena itu, jangan goring kue bawang dengan sekali banyak.

  1. Simpan di wadah tertutup

Setelah proses penggorengan, kue bawang ada baiknya ditiriskan terlebih dahulu hingga benar-benar kering. Langkah selanjutnya tunggu uap panas pada kue bawang menurun. Jangan biarkan kue bawang yang masih panas sudah dipindahkan ke dalam wadah tertutup. Jika sudah mendingin baru pindahkan kue bawang dan tutup wadah agar menghindari kealotan.

            Sekarang sudah tau kan rahasia resep cara membuat kue bawang yang renyah ini? Yuk lakukan di rumah agar sajian camilan lebih menarik dan seru! Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan mengubah warna kue bawang seperti menggunakan ubi atau sayuran.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *