Resep Bumbu Sate Kambing Madura Anti Bau Amis

Bumbu Sate Kambing Madura

Bumbu sate kambing madura merupakan salah satu cara pengolahan daging yang disajikan dengan bumbu kacang. Sate kambing tidak kalah lezat dari sajian sate padang. Awalnya, Madura hanya menggunakan daging ayam sebagai bahan utama sate. Namun, seiring berjalannya waktu kambing menjadi menu tambahan pembuatan sate madura.

bumbu sate kambing madura

Pedagang sate madura memiliki ciri khas tersendiri untuk menjualnya. Salah satunya menggunakan baju adat madura. Sebagian pedagang masih mempertahankan tradisi tersebut, namun tidak jarang juga melepas atribut baju adat dan mengganti pakaian seperti biasanya. Padahal, dengan menggunakan baju adat madura tentu akan meningkatkan ciri khas tersendiri dari penjualan sate.

Pakaian adat madura identik dengan warna hitam dan belang-belang merah putih. Baju adat ini memiliki nama sakera. Tidak sembarangan, baju sakera memiliki makna kebanggaan tersendiri bagi warga Madura.

Sakera ini terbagi atas beberapa bagian. Baju hitam longgar disebut pesa’an sedangkan celananya disebut gomboran. Pesa’an juga memiliki warna putih yang biasanya digunakan oleh guru agama. Warna hitam melambangkan sikap gagah dan pantang menyerah, sedangkan pakaian yang serba longgar memberikan arti kebebasan dan keterbukaan warga Madura. Bajunya memiliki makna kesederhanaan.

Kaos yang bermotif merah putih terinspirasi dari pakaian pelaut Eropa. Meskipun demikian, warga Madura maasih memiliki makna tersendiri. Garis merah dan putih atau merah dan hitam menggambarkan sikap tegas yang dimiliki orang Madura. Selain itu, mereka juga memiliki semangat juang yang tinggi dalam menghadapi segala hal.

Nah, jika maknanya sangat positif kenapa tidak dipertahankan bukan? Sate madura biasanya dijual dengan gerobak dorong atau gerobak pikul. Tidak jarang juga menemukan sate madura yang dijual di rumah makan. Sebenarnya apa yang menarik dari bumbu sate kambing madura?

Kambing memiliki sifat daging yang amis. Tidak hanya sebelum dipotong, terkadang setelah diolah menjadi makanan pun bau amis masih tercium dan akan terasa mual jika dikonsumsi. Saat diolah menggunakan bumbu sate kambing madura akan terasa hilang bau dan rasa amisnya. Kok bisa? Lakukan langkah-langkah berikut yuk!

Tips menghilangkan bau amis daging kambing

  1. Menggunakan bubuk kare. Rebus 1 kg daging kambing dengan 10gr bubuk kare. Jika dirasa kurang cukup, Anda bisa menambahkan bubuk kare sesuai dengan banyaknya daging.
  2. Menggunakan cuka. Langkah pertama dengan merebus 1liter air hingga mendidih. Kemudian masukkan 1kg daging kambing dan 50gr cuka. Setelah mendidih, tiriskan daging.
  3. Menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis sudah sangat terkenal dalam menghilangkan bau amis pada daging. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memberi tetesan air jeruk nipis. Jeruk nipis juga bisa digantikan dengan jeruk limau.
  4. Menggunakan jahe. Cincang atau memarkan jahe lalu campurkan dengan daging kambing yang akan diolah. Akan lebih maksimal jika jahe dicampurkan langsung dengan bumbu lainnya.
  5. Menggunakan daun pepaya dan nanas. Daun pepaya mampu buat tekstur daging lebih empuk, sedangkan nanas dapat menghilangkan bau amis pada daging.

Hal di atas merupakan rangkuman dari beberapa cara lainnya untuk menghilangkan amis daging kambing. Setelah amis menghilang, daging bisa diolah sesuai selera Anda. Olahan daging ini sering diolah menjadi sate. Hmm, kalau begitu sepertinya Anda perlu memiliki resep spesial bumbu sate kambing madura.

Cara membuat bumbu sate kambing madura

Bahan dasar sate madura

  • 1kg daging kambing
  • 10 lembar daun pepaya, remas-remas hingga hancur
  • Tusuk sate
  • Arang

Bahan oles sate

  • 4sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 500gr kecap manis
  • 2sdt merica bubuk
  • 1sdt garam halus

Bahan bumbu sate kambing madura

  • 400gr kacang tanah, yang digoreng lalu dihaluskan
  • 200gr kecap manis
  • 8 buah cabai merah keriting, haluskan
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 8 siung bawang merah, haluskan
  • 2sdt gula pasir putih
  • 4sdt garam dapur halus
  • 8sdm minyak goreng
  • 600cc air

Langkah-langkah

  1. Gulung daging kambing dengan daun pepaya yang sudah diremas tadi. Lalu diamkan selama 30 menit, lalu potong dengan ukuran sedang.
  2. Gabungan semua bahan bumbu olesan, aduk hingga merata.
  3. Masukkan daging kambing ke bumbu olesan tadi. Aduk hingga merata dan diamkan 1 jam agar meresap.
  4. Setelah itu, masukkan daging ke tusuk sate.
  5. Bakar sate di atas bara api hingga matang sempurna. Jangan lupa untuk membolak-balikkan daging agar tidak gosong.
  6. Untuk membuat bumbu sate kambing madura, tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk hingga harum.
  7. Tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan berikan sedikit air. Aduk hingga tercampur rata dan mendidih.
  8. Tambahkan garam, gula pasir, dan kecap manis dalam tumisan bumbu. Kemudian aduk kembali hingga matang.
  9. Jika sudah matang, Anda bisa menggabungkan daging dengan bumbu sate kambing madura.

Kunci dari suksesnya sate kambing madura adalah rasa daging yang segar. Untuk itu, sangat perlu pengolahan daging agar tidak amis. Jika daging terasa amis, akan menyebabkan terbuang sia-sia. Pelanggan pun merasa kecewa dan tidak puas. Hal tersebut tentunya akan menurunkan pemasukkan Anda.

Selain sate madura, Anda juga bisa mencoba resep cara membuat sate kambing solo atau sate padang. Saat ini, juga sedang populernya sate ayam taichan yang memiliki bumbu unik, yaitu asam dan pedas. Jangan lupa pastikan daging siap diolah setelah amis menghilang.

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *