Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana Dengan Sayuran

Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana

Cara membuat nugget ayam sederhana adalah salah satu referensi resep yang banyak dicoba para ibu rumah tangga. Nugget adalah makanan instan yang dijual di pasar atau supermarket. Karena rasanya yang unik nugget sering kali dijadikan stok makanan di rumah. Bahkan tak jarang nugget menjadi menu utama di rumah.

cara membuat nugget ayam sederhana

Nugget yang dijajakan di pasar tradisional berbeda lho dengan supermarket. Di supermarket nugget menjadi salah satu jenis frozen food yang disimpan freezer utama. Sedangkan di pasar tradisional nugget tidak disimpan di dalam freezer. Nugget hanya disusun di depan meja yang disiapkan. Namun, tetap saja jika Anda membeli nugget di pasar secepatnya disimpan di dalam kulkas ya agar lebih awet.

Pada umumnya nugget memiliki bahan dasar utama daging ayam. Nugget memiliki ciri khas dengan taburan butir berwarna kuning. Makanan instan ini enak dinikmati baik dengan nasi maupun tidak. Biasanya bumbu pelengkap nugget adalah saus sambal yang bisa buat Anda ketagihan.

Karena menjadi makanan instan dan bertahan lama, banyak ibu yang mencari cara membuat resep nugget ayam sederhana. Tenang para ibu, di dalam artikel ini ada resep khusus yang bisa ibu coba di rumah kok. Tentunya tidak membedakan dengan rasa nugget yang dijual di pasaran.

Nugget memiliki bentuk persegi atau persegi panjang. Namun, seiring berjalannya waktu, tampilan nugget semakin unik. Mulai dari persegi, stik, huruf, bentuk hewan, dan lain-lain. Berbagai tampilan tersebut semakin meningkatkan ketertarikan anak-anak untuk mengonsumsinya. Kalau Anda bagaimana? Keunikan tersebut apa tetap akan Anda makan?

Dari berbagai bentuk di atas, hewan menjadi pilihan utama untuk anak-anak. Biasanya, para ibu mengkreasiakan nugget dengan sajian nasi. Misalnya membentuk konsep kebun binatang, ibu dapat menambahkan beberapa sayuran sebagai background hutan. Waah, semakin menarik bukan? Dengan huruf pun juga menyenangkan, yaitu dengan membentuk nama si anak.

Akhir-akhir ini cara membuat nugget ayam sederhana samakin bervariasi. Nugget ayam dicampur dengan beberapa bahan tambahan, seperti sayur atau jamur. Kreasi tersebut pun bukan menjadi sebuah masalah kok. Justru membuat si anak mencoba rasa baru dan tentunya tidak mudah bosan dengan tambahan berbagai bahan atau bumbu lainnya.

Cara membuat nugget ayam sederhana tidak membutuhkan waktu lama dan proses kerja yang cepat. Bahan-bahan pembuatannya pun mudah dicari, sehingga akan membuat Anda semakin bersemangat untuk membuat nugget.

cara membuat nugget ayam

Saat ini banyak bisnis Usaha Kecil dan Menengah mengambil peluang untuk menjual nugget. Nugget dikemas sedemikian rupa kemudian mengambil sistem titip di beberapa toko kelontong di pasar. Kemasan dan tampilan yang belum terkenal mungkin akan membuat konsumen berpikir dua kali.

Namun, jika sekali saja konsumen membeli dan ternyata rasanya terjamin pasti tidak perlu banyak pertimbangan lagi. Rasa yang enak akan meningkatkan penjualan. Anda bisa mengganti kemasan yang lebih menjual. So, lebih baik mencoba bukan daripada sama sekali.

Selain ayam yang menjadi bahan utama, Anda juga bisa menambahkan sedikit sayuran untuk mengelabuhi rasa nugget. Seperti yang kita tahu sebagian anak menganggap sayuran memiliki rasa yang hambar atau pahit. Oleh karena itu, para ibu harus memiliki cara sendiri dalam memberikan asupan sayuran ke anak.

Cara membuat nugget ayam sederhana dengan sayur

            Bahan-bahan yang bisa Anda siapkan seperti 500gr ayam yang sudah tidak memiliki tulang, 1 buah wortel iris tipis, segenggam brokoli, 2 butir telur, penyedap rasa, merica, 5 sdm tepung kanji, 5 buah bawang putih yang dihaluskan, 1 sdm minyak sayur, 3 lembar roti tawar tanpa pinggiran, tepung roti, dan 2 sdm terigu + air.

Langkah-langkah

  1. Giling daging ayam bersama telur hingga halus, anda bisa menggunakan mesin giling daging untuk hasil terbaik
  2. Setelah itu, campurkan minyak, wortel, brokoli, minyak, tepung kanji
  3. Tambahkan penyedap rasa dan merica secukupnya
  4. Rendam roti tawar dengan air hingga layu, kemudian peras dan hancurkan menggunakan tangan
  5. Masukkan roti ke adonan ayam, lalu aduk hingga merata
  6. Masukkan adonan ke misting plastik yang sudah dioles margarin
  7. Kukus selama 30 menit, periksa adonan dengan cara menusuk sedikit
  8. Keluarkan dari misting dan potong sesuai keinginan
  9. Baluri nugget ke dalam tepung, lalu gulingkan ke dalam tepung roti
  10. Anda dapat langsung menggorengnya atau menyimpannya di lemari pendingin

Terkadang para ibu sering salah membedakan tepung roti dan tepung panir. Keduanya memang bisa dimanfaatkan untuk nugget, namun memiliki tekstur yang berbeda. Keduanya dihasilkan dari olahan roti tawar. Tetapi, tepung roti diolah tanpa kulit yang dikeringkan menjadi butiran kecil seperti remah. Tepung roti memiliki tekstur lebih kesar daripada tepung panir.

Tepung roti ini memang khusus digunakan untuk nugget, tempura ikan, dan seafood. Sedangkan tepung panir dibuat dari roti dengan kulit pinggiran yang digiling menjadi butiran lebih kecil daripada tepung roti. Tepung panir memiliki warna yang lebih gelap daripada tepung roti. Jika tepung roti digunakan untuk nugget, tepung panir digunakan sebagai bahan lapisan risoles, kroket, pisang pasir, dan bahan campuran dalam adonan rolade.

Cara membuat nugget ayam sederhana di atas begitu praktis bukan? Ingat, jangan tertukar ya antara tepung roti dan tepung panir karena akan mempengaruhi tekstur nugget. Selain cara membuat nugget ayam sederhana dengan sayur, Anda juga bisa mencoba tambahan bahan yang lain.

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 4 =