Resep Cireng Salju Lengkap dengan Enam Jenis Sambal

Resep Cireng Salju

Resep cireng salju adalah cara mengolah makanan dari bahan dasar tepung tapioka atau sagu. Makanan dari tepung sagu ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Karena menggunakan bahan dasar sagu, cireng memiliki tekstur yang lembut dan renyah di luar. Meskipun berasal dari Bandung, cireng sudah banyak ditemui di mana saja.

resep cireng salju

Membuat cireng tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Bahan-bahan pendukung makanan ini mudah ditemui dan tidak terlalu rumit diolah. Oleh karena itu, cireng salju banyak dimanfaatkan orang sebagai peluang berbisnis kuliner. Bahkan cireng salju menjadi pelengkap gorengan yang dijual di pinggir jalan.

Mudahnya pengolahan makanan dari Bandung ini, menjadikan resep cireng salju banyak dicari. Tidak sedikit juga orang yang memberikan bahan tambahan untuk menghasilkan rasa cireng salju yang lebih menarik. Bahkan ada yang mengkreasikan dengan menambahkan berbagai rasa di dalam cireng. Resep cireng isi juga menjadi salah satu pencarian terbanyak cara pembuatan olahan makanan sagu yang menarik.

Selain memiliki tekstur yang lembut dan renyah, cireng memiliki ukurang sedang. Jadi, untuk mengonsumsinya tidak menyulitkan Anda. Peranan cireng sendiri adalah sebagai camilan atau makanan ringan yang digoreng. Cireng juga bisa menjadi lauk sampingan saat mengonsumsi nasi. Akan semakin lezat jika cireng disajikan dengan tambahan berbagai sambal.

Meskipun dengan sambal semakin nikmat, mengonsumsi cireng langsung pun tidak mengurangi kelezatannya. Makanan yang berasal dari sagu ini diolah dengan cara digoreng. Untuk menggoreng cireng salju bahan utamanya bukan lain adalah minyak. Jika Anda menggoreng cireng sendiri di rumah mungkin bisa memanfaatkan minyak baru.

Sedangkan jika membeli di pedagang gorengan, Anda harus memperhatikan lebih teliti. Menggoreng makanan berulang kali dengan minyak yang sama akan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Ada beberapa penyakit yang muncul jika Anda sering menggunakan minyak yang sama berulang kali.

Seperti adanya radikal bebas, sakit tenggorokkan, kolesterol, dan masih banyak lagi. Terkadang oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab juga menjadikan plastik di dalam penggorengan dengan tujuan agar makanan lebih garing. Padahal, zat kimia di dalam plastik sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Agar lebih aman, gunakanlah resep cireng salju di rumah. Membuat cireng di rumah tentu akan lebih menyehatkan Anda. Anda dapat menggunakan minyak baru yang belum dipakai. Dengan menggunakan minyak sekali pakai, kemungkinan bahaya yang terjadi dapat teratasi. Jadi, apa ya resep cireng salju?

Resep Cireng Salju

            Bahan-bahan pembuatan cireng salju, yaitu 250gr tepung tapioka, 300ml santan dan air, 1 batang daung bawang, 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 1sdt kaldu bubuk, garam, dan minyak goreng.

Langkah-langkah

  1. Campur tepung tapioka, daun bawang yang sudah dipotong halus, bawang putih, kaldu bubuk, dan garam secukupnya. Lalu aduk hingga rata.
  2. Masak air hingga mendidih lalu masukkan santan dan aduk hingga merata.
  3. Setelah itu, tuang santan yang mendidih tadi ke dalam adonan sambil diaduk-aduk.
  4. Untuk membentuk cireng, taburi tepung di tangan terlebih dahulu agar tidak lengket. Lalu bentuk sesuai dengan keinginan.
  5. Panaskan minyak, lalu goreng adonan hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan.

Cireng memang enak disantap tanpa sambal. Namun, akan semakin enak jika mengonsumsi cireng dengan berbagai sambal. Ada beberapa sambal yang bisa Anda coba lho. Olahan sambal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan nafsu mengonsumsi cireng. Setelah memberikan resep cireng salju di atas, saatnya kita simak berbagai jenis sambal khusus untuk cireng salju.

Macam-macam sambal cireng salju

  1. Sambal rujak

Sambal rujak adalah sambal yang sering digunakan untuk menemani santap cireng. Meskipun umumnya digunakan untuk buah-buahan rujak, nyatanya sambal ini juga cocok kok untuk dipadukan dengan cireng. Untuk membuat sambal rujak bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, yaitu 250gr gula merah jawa, 20gr asam jawa, 3 siung bawang putih iris tipis, 10 buah cabai rawit tumbuk kasar, dan 100ml air.

            Cara membuatnya, yaitu didihkan air kemudian masukkan bawang putih dan cabai rawit, lalu aduk hingga merata. Kedua, masukkan gula jawa merah lalu aduk-aduk agar tidak menggumpal, setelah itu masukkan asam jawa. Pastikan seluruhnya tercampur rata dan masak hingga mengental. Jika sudah mengental cireng siap dinikmati bersama sambal rujak.

  1. Sambal kacang

Posisi sambal kedua, yaitu sambal kacang. Biasanya sambal kacang ini dinikmati dengan jenis makanan gorengan lainnya yang dijual di pedagang nasi uduk. Nah, cireng ini juga cocok lho disajikan dengan sambal kacang. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal kacang, yaitu 1kg kacang tanah, ¼ cabai rawit campur cabai merah, ¼ gula merah, 3 siung bawang putih, secukupnya kencur, dan lima lembar daun jeruk.

Pertama, agar sambal kacang lebih awet goreng kacang terlebih dahulu. Begitu pula dengan bawang putih, cabai, dan kencur, Goreng seluruhnya dengan wajan terpisah dengan kacang. Setelah digoreng, haluskan bumbu secara bersamaan kemudian tambahkan gula merah. Haluskan hingga semua bumbu rata dan sambal kacang dapat dinikmati.

  1. Sambal cuka pempek

Siapa bilang cuka hanya digunakan untuk pempek saja? Anda juga bisa kok menyajikannya dengan cireng salju. Cuka pempek memang sangat terkenal nikmatnya. Jika Anda ingin membuatnya, siapkan bahan-bahan, seperti ¼ gula merah, 7 siung bawang putih, lima biji ebi, garam, dan satu bungkus kecil asam jawa.

Pertama, rebus gula merah hingga meleleh dengan air. Kemudian haluskan cabai, bawang putih, dan ebi. Jika gula merah sudah meleleh campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tunggu hingga mendidih. Di wadah yang berbeda letakkan asam jawa lalu beri air setengah gelas dan peras-peras asam jawanya. Lalu saring airnya dan masukkan ke gula merah tadi. Jangan lupa untuk memberikan garam secukupnya.

  1. Kecap manis pedas

Sambal ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai pedas. Karena dengan tambahan kecap, sambal akan terasa pedas manis. Untuk membuat sambal manis pedas, bahan-bahannya adalah kecap, cabai rawit, bawang merah cincang halus, tomat cincang halus, dan jeruk limau.

Potong-potong cabai rawit, lalu camburkan dengan bawang merah dan tomat. Kemudian tuangkan kecap sesuai keinginan Anda, lalu beri perasan jeruk limau. Langkah terakhir aduk hingga merata.

  1. Saus

Saus merupakan padanan  pedas yang paling mudah. Saus bisa Anda temukan di berbagai warung atau supermarket. Saus disajikan secara instan, mulai dari sasetan atau botolan.

  1. Cabai rawit

Mengonsumsi cireng dengan cabai rawit sudah sering dilakukan. Pasalnya kebiasaan ini didahului oleh para pedagang gorengan yang menjual dengan cabai rawit. Meskipun hanya menggunakan cabai rawit, sensai menyantap cireng tidak kalah enak daengan padanan jenis sambal lainnya.

            Nah, resep cara membuat cireng salju sudah dengan mudah Anda dapati. Sekarang saatnya untuk mewujudkan dengan pilihan sambal sesuai dengan keinginan Anda. Selain resep cireng salju, masih banyak jenis cireng lainnya yang bisa Anda kreasikan.

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *