Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri dan Tips Triknya

Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri

Cara membuat otak otak ikan tenggiri berasal dari daerah Sumatera. Otak-otak ini merupakan makanan yang awalnya identik dengan bungkus daun pisang. Namun, seiiring berjalannya waktu sajian otak-otak semakin modern. Awalnya otak-otak melalui proses pembakaran. Saat ini, jika Anda ingin digoreng pun tidak masalah.

cara membuat otak otak ikan tenggiri

Dibakar atau digoreng tergantung dari cara pengolahannya. Namun, bagaimana pun cara pengoalahnnya, otak-otak tetap terasa lezat disantap. Cara membuat otak otak ikan tenggiri ini tidak jauh berbeda dengan pempek, yaitu menggunakan tepung sagu. Namun, otak-otak menggunakan santan, sedangkan pempek tidak.

Otak-otak semakin sempurna dihidangkan menggunakan kuah kacang. Tidak hanya kuah kacang lho, otak-otak bisa disajikan dengan kecap cabai atau cuka merah. Kuah atau sambal tersebut biasanya nikmat disantap dengan otak-otak bakar. Jika Anda ingin menyantap otak-otak goreng, cocolan saus juga dapat meningkatkan selera makan.

Pada dasarnya otak-otak merupakan makanan ringan. Otak-otak saat ini dapat Anda temukan di berbagai jajanan sekolah baik otak-otak bakar atau goreng. Jika Anda ingin mengonsumsi di rumah, kini tersedia otak-otak frozen food, sehingga lebih awet untuk disimpan di dalam kulkas.

Asal-usul otak-otak

Jika kita pahami sekilas makanan ringan ini memiliki nama yang unik. Apa ya alasan di balik nama otak-otak? Makanan ini memiliki tekstur dan warna layaknya otak. Tapi tenang saja, makanan ini tidak dibuat dari otak sungguhan kok.

Selain pulau Sumatera, otak-otak juga populer di Singapura dan Malaysia. Namun uniknya di setiap daerah memiliki saus yang berbeda. Di sebagian besar pulau Jawa, otak-otak disajikan dengan saus kacang. Di bangka otak-otak menggunakan saus tauco atau cuka merah.

Cara membuat otak otak ikan tenggiri ini memiliki tujuan tersendiri lho. Ikan tenggiri memiliki duri yang sedikit dan berukuran besar. Meskipun durinya berukuran besar, duri ikan tenggiri mudah udah dilepaskan, sehingga tidak membahayakan saat dijadikan bahan dasar otak-otak.

Cara membuat otak otak ikan tenggiri

Bahan utama

  • 400gr daging ikan tenggiri yang dihaluskan
  • 1 putih telur
  • 100gr tepung kanji
  • 1sdm tepung beras
  • 350ml santan, dari ¼ buah kelapa
  • 1 ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1sdt gula pasir
  • 2 batang daun bawang yang diiris halus
  • Daun pisang
  • Minyak untuk olesan

Bahan sambal kacang

  • 100gr kacang tanah
  • 3 butir kemiri yang disangrai
  • 3 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 2sdm tauco
  • 1 siung bawang putih yang digoreng
  • 300 ml air
  • ½ sdt garam
  • 2sdt gula pasir
  • ½ sdm cuka 5%

Langkah-langkah

  1. Haluskan ikan dan putih telur. Tambahkan tepung kanji, tepung beras, santan, garam, merica, dan gula pasir. Uleni adonan kurang lebih 10 menit.
  2. Pindahkan adonan ke dalam wadah berbeda. Masukkan daun bawang, kemudian aduk hingga merata.
  3. Siapkan satu lembar daun pisang yang sudah dipotong sesuai ukuran untuk membungkus otak-otak. Olesi minyak di atas daun pisang.
  4. Letakkan 2sdm adonan ikan di salah satu pinggirnya. Gulung hingga adonan tertutup daun. Tutup kedua ujung daun dengan menyematkan lidi.
  5. Panaskan pemanggang di atas api, panggang otak-otak sambil membolak-balikan kedua sisinya agar tidak gosong.
  6. Jika sudah matang, angkat otak-otak segera.
  7. Untuk membuat sambal kacang, haluskan seluruh bahan sambal kecuali cuka. Masukkan ke panci yang sudah disediakan air.
  8. Aduk-aduk sambal kacang hingga matang dan mengental. Kemudian tambahkan cuka. Jika sudah matang, angkat.
  9. Otak-otak siap dimakan bersama sambal kacang!

Karena menggunakan ikan, Anda harus cermat dan teliti dalam memilih. Pilihlah ikan yang segar. Anda harus mengolah ikan tenggiri dengan baik agar tidak cepat membusuk atau berbau amis. Lalu bagaimana caranya untuk mengolah ikan tenggiri dengan baik? Yuk perhatikan tips berikut!

Tips mengolah ikan tenggiri

  1. Pilih ikan tenggiri yang masih segar. Ikan tenggiri yang segar ditandai dengan warna kulit yang cerah dan berkilau.
  2. Tekan daging ikan tenggiri. Metode tekan ini dapat mengetahui tingkat kesegaran ikan. Jika ikan masih terasa keras itu bertanda baik untuk dikonsumsi.
  3. Perhatikan area mata ikan. Mata ikan yang baik memiliki bentuk cembung menonjol dan bersih.
  4. Periksa sisik. Sisik yang masih segar hanya sedikit yang terkelupas. Ikan tenggiri yang segar juga memiliki sirip kuat.
  5. Perhatikan insang. Pilihlah insan yang berwarna merah segar. Hindari insang yang berwarna hitam.
  6. Perhatikan seluruh fisik. Bolak-balikkan ikan untuk memastikan keadaan berbau busuk dan berlendir. Hindari itu jika terjadi, pilihlah ikan lain.
  7. Penyimpanan yang baik. Cuci bersih ikan tenggiri kemudian tempatkan pada kantung kedap udara dan simpan dalam kulkas.

Setelah mengetahui tips pengolahan di atas, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari cara membuat otak otak ikan tenggiri. Meskipun disebut makanan ringan, otak-otak ini berhasil mengganjal perut Anda sementara lho. Belum lagi jika padanan sambal yang digunakan memiliki rasa pedas yang cukup. Tentu akan menambah sensasi tersendiri saat mengonsumsinya.

Selain otak-otak, Anda juga bisa mencari refrensi resep ikan tenggiri lainnya. Ikan tenggiri bebas Anda kreasikan menjadi bahan camilan atau menu utama santap makan. Namun sayangnya ikan tenggiri kini mulai sulit ditemukan. Karena semakin sedikitnya persediaan ikan tenggiri, hewan laut ini dijual dengan harga yang cukup tinggi.

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − one =