Resep Sate Padang dan Fakta Menarik yang Perlu Kamu Tahu

Resep Sate Padang

Resep sate padang memiliki keunikan tersendiri dari jenis sate lainnya. Seperti yang kita tahu, Padang terkenal dengan berbagai makanannya yang memiliki cita rasa pedas. Hal itu berlaku juga pada sate padang. Bumbu sate padang memberikan rasa pedas dan hangat saat penyajian. Siap-siap untuk berkeringat yaaah!

resep sate padang

Meskipun sate makanan yang bukan asli dari Padang, warga minang berhasil mengadaptasi makanan dari daging ini. Melalui ciri khasnya makanan pedas, sate dibuat sedemikian rupa untuk mempertahankan cita rasa tersebut.

Sama seperti sebelumnya, untuk mengonsumsi sate padang Anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Sumatera Barat. Para pedagang sate padang saat ini sudah menyebar ke berbagai pelosok di Indonesia, tidak terkecuali ibukota kita, Jakarta. Pedagang sate identik dengan gerobaknya yang dibawa keliling atau menetap di satu tempat dengan gerobaknya.

Biasanya para pedagang sate beroperasi malam, mulai pukul 19.00 hingga larut malam. Jadi, untuk Anda yang tertarik mencari tahu resep sate padang, bisa mencari tahu saat waktu tersebut. Tidak hanya warga minang, hampir semua kalangan dari berbagai daerah sangat menyukai sate padang. Hal yang membuat sajian sate padang menarik adalah rasa bumbu dan tambahan potongan ketupat. Selain itu, cara penyajiannya pun masih mengambil cara tradisional.

Fakta menarik sate padang

  1. Ketupat atau Lontong?

Jika Anda perhatikan di sudut tertentu pada bagian gerobak sate tersedia ketupat yang digantung. Ketupat tersebut tidak semata-mata hanya sebagai pajangan saja, tetapi juga dimanfaatkan bersama sajian sate. Ketupat terbuat dari beras sebagai bahan utama yang dicampur air sedikit. Ketupat dibuat menggunakan daun kelapa.

Selain ketupat, Anda juga bisa menggunakan lontong. Lontong dibuat dari beras yang sudah diaron setengah matang. Biasanya lontong menggunakan lapisan kulit pisang atau plastik. Lontong yang menggunakan kulit pisang dibentuk persegi panjang berbeda dengan ketupat yang persegi.

Keduanya sama-sama memiliki bahan yang sama, Anda bebas memilih. Namun, jika Anda memilih lontong ada baiknya menggunakan daun pisang karena plastik yang dipanaskan akan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

  1. Daging Sate

Daging sapi yang dibakar untuk sate padang ternyata melalui proses penumisan terlebih dahulu lho. Daging tidak semata-mata langsung dibakar, tetapi ditumis terlebih dahulu bersamaan dengan bumbu halus yang dimasukkan terlebih dahulu. Jika daging sudah empuk, daging dipotong-potong untuk persiapan dibakar. Jangan lupa oleskan bumbu dulu sebelum dibakar.

  1. Bukan kuah kacang

Banyak yang mengira saus bumbu dari sate menggunakan tambahan kacang tanah. Nyantanya tidak, bumbu sate berwarna kuning kecokelatan karena diperkaya dari tambahan bumbu rempah-rempah. Warna kuning kecokelatan juga dipengaruhi oleh kunyit.

  1. Penyajian Unik

Ada yang berbeda dari penyajian sate padang. Makanan dari padang ini menyajikan dengan piring plastik atau berbahan melamine berukuran kecil atau sedang. Piring tersebut memiliki berbagai macam warna, biasanya disajikan dengan warna merah dan hijau. Setelah itu, di dalam piring di alas dengan daun pisang. Kemudian baru sate berserta bumbu diletakkan di atas daun pisang.

Jika Anda ingin menikmati di rumah, sate padang tetap konsisten memberi lapisan daun pisang setelah bungkus kertas. Namun, penyajian tradisional ini tampaknya mulai menghilang di beberapa pedagang sate. Mereka mulai menyajikan dengan cara modern menggunakan piring beling tanpa alas daun pisang.

            Tiga fakta unik tersebut tidak akan lengkap jika Anda belum mencobanya. Jika daging sate kurang lezat bisa jadi cara penyajiannya tidak ditumis terlebih dahulu, tetapi langsung dibakar. Begitu pula dengan tampilan yang tradisional. Mempertahankan ciri khas tradisional memang terkadang sulit. Meskipun sederhana, hidangan tradisional lah yang membuat Anda rindu akan kampung halaman.

            Melekatnya suasana tradisional dari makanan ini, tentu semakin membuat Anda penasaran bukan akan resep sate padang? Mungkin resep sate padang bisa Anda cari di internet, namun untuk memulai pasti sering kali merasa ada yang kurang. Itu tidak menjadi masalah. Berikut ini resep cara membuat bumbu sate padang yang bisa Anda coba

            Membuat sate padang memiliki dua bagian bahan yang berbeda, yaitu khusus untuk daging sate dan bumbu kuningnya. Untuk sate dibutuhkan bahan-bahan 500gr daging sapi, ½ liter air besih, dan 50gr tepung beras.

            Sedangkan untuk bumbu sate padang membutuhkan 3 buah cabai merah dihaluskan, 3 siung bawang putih dihaluskan, 5 siung bawang merah dihaluskan, 2cm jahe dicincang halus, 2cm kunyit dicincang halus, 1cm lengkuas dicincang halus, 1 ½ batang serai yang dimemarkan, ½ sdt merica bubuk, ½ sdm ketumbar bubuk, ½ sdt jinten bubuk, ½ potong asam kandis, ¼ sdt adas bubuk, 1sdt garam halus, ½ lembar daun kunyit, 2 lembar daun jeruk, dan minyak goreng.

Langkah-langkah pembuatan

  1. Daging dipotong terlebih dahulu menjadi empat bagian
  2. Tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga harum
  3. Kemudian masukkan daging yang sudah dipotong bersamaan dengan tumisan
  4. Setelah daging empuk, potong-potong daging dengan ukuran yang lebih kecil untuk dimasukkan ke tusukan sate
  5. Setelah dimasukkan ke tusukan, olesi sate dengan minyak dan campuran bumbu
  6. Bakar sate sampai matang, namun jangan terlalu kering.
  7. Setelah matang, angkat dan pindahkan ke atas piring yang sudah diberi alas daun pisang
  8. Untuk membuat sausnya, campurkan tepung beras, air dengan sisa bumbu, lalu masak hingga mendidih
  9. Tambahkan garam secukupnya ke saus tersebut. Berikutnya tes rasa, jika masih kurang garam tambahkan sesuai selera
  10. Jika sudah terasa enak, angkat dan siramkan saus sate di atas tusukan daging
  11. Berikan bawang goreng di atas saus sate
  12. Sate siap disantap

Jika Anda merasa kurang dari resep sate padang di atas, benar saja. Menyantap sate rasanya kurang lengkap tanpa ketupat. Anda bisa menambahkan sendiri ketupat atau lontong. Bentuk ketupat biasanya sudah dijual bebas di pasaran, setelah itu bisa Anda masukkan beras. Namun, jika Anda merasa sedikit rumit gunakan lontong yang lebih mudah untuk dibentuk. Semoga resep sate padang di atas bermanfaat, selamat mencoba!

 
 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *